Kamis, 22 Mei 2014

Accelerometer pada Android

Pengertian accelerometer

Accelerometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur percepatan suatu objek. Accelometer mengukur percepatan dynamic dan static. Pengukuran dynamic adalah pengukuran percepatan pada objek bergerak, sedangkan pengukuran static adalah pengukuran terhadap gravitasi bumi. Untuk mengukur sudut kemiringan (tilt).

Prinsip kerja dari Accelerometer yaitu....

Prinsip kerja yang digunakan adalah prinsip percepatan (acceleration). Sebuah per dengan beban dan dilepaskan , beban bergerak dengan suatu percepatan sampai kondisi tertentu akan berhenti. Bila ada sesuatu yang menggoncangkannya maka beban akan berayun kembali.

Pengukuran  kapasitansi inilah yang umumnya menjadi hasil pengukuran chip. Agar sensor bisa mendeteksi 3 dimensi, maka dibutuhkan 3 pasang plat yang dipasang tegak lurus antar masing- masing. Maka sensor ini bisa mendeteksi gerak alunan lagu anak “geser kiri, geser kanan, putar ke kiri putar ke kanan , lompat ke depan”.

fungsi dari accelerometer

1.     Accelerometer ponsel ada yang namanya fungsi shake control,dengan fungsi ini maka dengan hanya menggoyangkan ponsel kita bisa mengubah fitur, misalnya mengubah lagu yang sedang di putar ke lagu selanjutnya atau lagu sebelumnya.

2.    permainan video menggunakan kontroler Wii Remote disebut yang berisi accelerometer dan dirancang terutama untuk input gerak. Pengguna juga memiliki pilihan untuk membeli sebuah gerak-sensitif tambahan lampiran, sehingga masukan gerak bisa dicatat dari kedua tangan pengguna.


3.    Untuk  kontrol antarmuka pengguna, sering accelerometer digunakan untuk menyajikan pandangan landscape atau potret layar perangkat, berdasarkan cara perangkat sedang diadakan. Misalnya mengganti tampilan layar dari vertical (portrait) menjadi horizontal (landscape).

4.    Kamera video juga memanfaatkan accelerometer untuk menstabilkan tangkapan gambar (image stabilization), untuk anti-blur saat menangkap gambar.

5.    Pada  kamera foto memanfaatkannya untuk mencegah hasil pemotretan buram. Contoh penggunaan aplikasi ini adalah seperti yang terdapat pada Nokia N95. Beberapa kamera digital seperti Canon PowerShot dan Ixus dilengkapi dengan accelerometer untuk mengatur format foto dan merotasi hasil pemotretan saat preview.
6.    Penggunaan lain accelerometer adalah sebagai pedometer , atau penghitung langkah. Dipakai di banyak gadget sebagai monitor banyaknya langkah saat berolah raga. Apple dan Nike bekerjasama mengeluarkan produk sepatu yang bisa berkomunikasi dengan pemutar lagu Ipod, mengirimkan banyak langkah, jumlah kalori terbakar, waktu bergerak.

Accelerometer sendiri mempunyai kekurangan dan kelebihan yaitu:

1.     Hanya dapat membacaca dalam 2 sumbu, yaitu atas dan bawah karena d pengaruhi oleh gravitasi.
2.    Membutuhkan penggunaan listrik yang tinggi(boros baterai).
3.    Gerakan lebih patah-patah/ tidak halus seperti pada gyroscope.
4.    accelerometer tidak bisa mengikuti pergerakan yang cepat dikarenakan responnya yang lamban.
5.    Accelerometer dapat memberikan pengukuran sudut tegak lurus yang akurat ketika  sistem sedang diam (statis)

0 komentar:

Posting Komentar